Monday, May 25, 2015 1

lifetime experience: being a beswan djarum!

By Venty Indah Utami

Okay, aku mau share hal yang normal dulu kali ini setelah postingan-postingan alay gaje sebelum-sebelumnya. Semoga info kali ini bermanfaat buat teman-teman yang membutuhkan. Hehe

This time, I wanna share the perks of being a Beswan Djarum.
Jadi, waktu sekolah semester 5-6 dulu, me and nine other guys from Palembang have been selected to be one of the Beswan Djarum. We joined other 500 from different cities, universities, and cultures from whole around Indonesia.


Maybe some of you have already been familiar with Beswan Djarum, and maybe some of you not.
So, where should I start?





-Apa sih Beswan Djarum itu kak Venty? Berapa lama? Dan apa aja yang didapet?

Beswan Djarum itu, simpelnya, adalah penerima beasiswa dari Djarum Foundation. Kalian cuma bisa daftar pas semester 4 aja, dan bakal nerima duit beasiswa selama satu tahun. Dulu pas zamanku sih, sekitar 750 ribu sebulan. Mungkin ke depannya bakal lebih. Selama satu tahun itu, selain dapet duit kalian juga dapet berbagai macam pelatihan soft skills. Mulai dari Nation Building di Semarang, trus Character Building di Cikole Bandung, dan Leadership Development di beberapa kota (tergantung kalian dapet batch berapa). Terus kalian juga bisa ikut beberapa competition yang diadakan, spt debate competition, writing competition, blog competition, dan international exposure. Bahkan walau masa aktif kalian sudah habis, kalian bisa jadi LO atau jadi pengisi materi.


-Ih, kakak nerima beasiswanya dari rokok ya? Disuruh jualan rokok ya kak?

Hahaha, everytime I heard this kind of question I will always laugh out loud. Seumur-umur jadi Beswan dan udah ga aktif di Beswan, aku ngga pernah sama sekali jualan rokok. Bahkan, kita sama sekali ngga tau apa dan siapa itu PT Djarum, karena PT Djarum dan Djarum Foundation itu beda. Selama kegiatan kita bahkan ga boleh ngerokok (yang harusnya kalau emang kita itu kesatuan sama PT Djarum bakalan dibagiin rokok gratis dong). Jadi yaaa, take a conclusion yourself yaaa.


-Kalau udah lewat semester empat, masih bisa daftar ngga kak?

Aduh, this is kind of a disappointment, tapi sayangnya kalo kalian udah lewat semester empat ngga bisa daftar lagi :( Yang bisa daftar pun cuma universitas-universitas tertentu aja. Cek langsung ke websitenya ya buat universitas apa aja yang bisa daftar dan syarat-syaratnya :)


-Websitenya apa kak?



-Tesnya apa aja kak buat jadi Beswan? Susah ngga?

Dari beberapa tahun kemaren, tesnya sih masih sama. Jadi, pertama kalian bakal diseleksi administrasi dulu. Syarat admnya silakan cek di website ya. Trus, kalian bakal dikasih email untuk pemberitahuan kalo lulus atau engga. Buat yang lulus, nanti kalian ikut test semacam TPA dan psikotest, terus Focus Group Discussion (FGD), dan interview. Susah ngga? Yaaaaa so-so siih. Hahaha. Yang jelas belajar aja sebelum ujian.


-Kegiatan apa yang paling berkesan kak selama jadi Beswan?

Apa yaaaaa? A LOT. Literally, a lot. Semuanya berkesan. Event-eventnya semua berkesan. Mulai dari National Building dimana kalian pertama kali dikumpulin 500 orang seluruh Indonesia, ketemu berbagai orang yang dari budaya, bahasa, bahkan warna kulit yang berbeda, belajar teater dan nyanyi dalam waktu 5 hari buat pentas di depan rektor dan bahkan live di TV (sampe serak dan abis suara haha).

Nation Building pas tahun aku nih, 2012

Character building dimana kalian digojlok abis-abisan sama om-om tentara yang sadis (tapi turn out jadi baik banget pas acara udah selesai hahaha), face your worst nightmare dari main tinggi-tinggian (bukan tinggi badan ya haha), paint ball, sampe caraka malam (keliling hutan sendirian haha). Tidur di barak tentara di tengah hutan, push up sit up di tengah lumpur, basah-basahan. Seru? Bangeeeeeet! Cuma ya buat aku yang indoor sejati kalo disuruh ngulang lagi ngga deh kayaknya hahahaha.

Credit to https://inisantoso.files.wordpress.com/2013/08/character-building.jpg?w=470

Anak Beswan pasti tau siapa Pak Fernando :))))


Leadership Development, dimana kalian dapet pelatihan tentang kepemimpinan dari pakarnya, Mbak Rosiana Silalahi dan James Gwee, dan pakar-pakar lainnya yang ngga kalah hebat. Ada debate competition juga di sini.

Debate Competition


Blog Competition, sebagai Beswan Djarum kalian nanti dikasih blog sendiri-sendiri, dan nanti blog itu dilombain. Hadiahnya bisa ke Raja Ampat, Pulau Derawan, dan ngga tau lagi ke depannya kemana. Haha. Kemaren aku ngga menang pas ke Derawan, tapi aku menang pas hadiahnya jadi guest di Ranking 1 Trans TV. Hahaha. Lumayaaan, masuk TV sejam :)))

Aku dimana hayo? Hahahaha :)))



International Exposure, dimana kalian bisa ikut kegiatan berskala internasional, misalnya MUN (Model United Nations). Pas tahun sebelum aku, MUN-nya adl HNMUN (Harvard MUN). Tahun aku, ke LIMUN (London MUN). Sesudah aku, ada WMUN di Korea (World MUN). Seru? BANGEEEEET. Hahaha this is the most exciting experience as Beswan so far sih. Three weeks to London, joined the most prestigious event for students in London, dan semuanya? GRATEEEESSSSHHH. Hahaha. Malah balik-balik masih nyisa duit banyak.
Di sini aku juga nemuin sembilan orang paling ngangenin, gila, dan smart yang pernah aku temuin. Sampe sekarang kita masih komunikasi dan kumpul-kumpul!

Tower of London with my Wrongies

Kensington Garden

Selain kegiatan-kegiatan tersebut, hal yang paling berkesan adalah rasa kekeluargaan yang super erat antar beswan dan pembinanya. Walau kalian udah jadi beswan non-aktif, kalian masih bakalan punya keluarga kedua di Beswan. Kemana pun kalian pergi, kalian tinggal kontakan sama anak Beswan di daerah tersebut, dan at least  bisa dapet tour guide gratis dan penginapan gratis! Hahahaha :)))

Di Beswan, kalian ngga akan pernah kelaperan!! Makannya di hotel bintang lima mulu. Snack tiga kali sehari. Yang ada balik setiap event kalian bakal tambah gendut :))) Oiya, semua event di atas gratis. Kalian ngga bayar sama sekali, tiket, hotel, akomodasi semuanya dibayarin. Kalian cuma harus dateng bawa badan, mental, siap belajar, dan semangat.

Ngga jarang juga, kalian bisa nemu cinta dan persahabatan di Beswan. Elaaah. Curhat ajah lu blay.


-Oh gitu ya kak? Thank you kaaak. Kalo mau nanya lagi boleh kak?

Boleeeeeh dong. Buat kalian yang mau tanya-tanya lagi ke angkatan tua seperti akuh, silakan send your enquiry to ventyindahutami@gmail.com or post a comment.
Finally, I wish you a very luck! :)

One Response to “lifetime experience: being a beswan djarum!”

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

Leave a Reply

Powered by Blogger.